Pj. Ketua TP PKK Ny. Sumela Ajak Masyarakat Sukseskan Program Iva Test

BATU BARA - Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara Ny. Raja Arena Sumela Nizhamul mengajak semua wanita untuk ikut menyukseskan program Iva Test. 

Ajakan ini disampaikan Ny. Sumela saat melakukan pembinaan Kecamatan Talawi yang ditetapkan sebagai Kecamatan Percontohan Program Iva Test pada tahun 2024, di Aula Kantor Camat Talawi, Jum'at (09/02/2024). 

Iva test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat. Ini merupakan suatu cara untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya kanker serviks atau kanker leher rahim. 

Ny. Sumela menyampaikan bahwa kanker serviks merupakan kanker tertinggi kedua pada perempuan setelah kanker payudara. Dengan pemeriksaan iva test, kanker leher rahim dapat diketahui sejak dini sehingga dapat menurunkan angka kematian akibat kanker serviks. 

Pada kesempatan tersebut, Ny. Sumela juga mengajak untuk bersama-sama menyukseskan program iva test dimulai dari kader TP PKK desa, kecamatan hingga kabupaten dengan mendatangi puskesmas yang ada di Kabupaten Batu Bara. 

Sebagai bukti terus mendukung program iva test, Ny. Sumela beserta Sekda Norma Deli Siregar, Kadis Kesehatan P2KB dr. Deni, Camat Talawi, Forkopimca Talawi dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Talawi menandatangani penggalangan komitmen pelaksanan iva test. 

Kemudian, Ny. Sumela bersama Sekda dan Kadis Kesehatan P2KB Batu Bara meninjau pelaksanaan iva test di Puskesmas Talawi.

 

Berita Terkait
Komentar