Bupati Zahir : Program Bantuan PSR Bisa di Rasakan Masyarakat Batu Bara.

Batu Bara,
Penanaman perdana kelapa sawit program peremajaan sawit rakyat dalam kerangka pendanaan badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit (BPDPKS) oleh Bupati Batu Bara Zahir di Desa Laut Tador Kecamatan Laut Tador, Minggu (22/11/2020)

Acara penanaman dihadiri Kabid Humas Akhsanul Rizki Harahap, S.T, Deputi II (Pangan Dan Agribis-NIS) Kementerian Perekonomian RI Ir. Musdhalifah Machmud, MT. beserta Rombongan serta Sekretaris daerah Provinsi Sumatera Utara Ibu Dr. Ir. Hj. Sabrina, Msi, Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provsu Ir. Nazli, M.MA

Deputi II Kemenkeu Ir. Musdhalifah mengatakan, Program PSR ini dilakukan agar dirasakan manfaatnya oleh petani kelapa sawit dan berguna untuk mengoptimalkan penghasilannya, semua ini untuk kesejahteraan rakyat.

Program ini merupakan program strategis nasional, karena sawit termasuk penunjang ekonomi terbesar. Fasilitas di berikan 30jt/ha dan fasilitas pendampingan, dengan persyaratan yaitu lahan terdaftar dan berkelompok, ujarnya

Sementara itu Bupati Ir. H. Zahir, M.AP mengucapkan selamat datang di Kabupaten Batu Bara, perlu kita ketahui bahwa program PSR mempunyai target 1000 ha, tapi hari ini masih jauh dari target. Untuk itu mengatasi masalah pandemi Covid-19, tanaman bisa tumpang sari seperti tanaman sorghum atau tanaman pendamping nasi yang lain, yang penting lahan di pergunakan sebaik mungkin, seperti di belakang rumah dan kantor – kantor pemerintahan.

Ini juga termasuk perintah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Jika itu di lakukan mudah – mudahan ekonomi akan berangsur pulih. Perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten. Batu Bara memiliki luas lahan perkebunan seluas 42.908 ha, 73% atau seluas 31.304 ha, ini merupakan perkebunan kelapa sawit yang terdiri dari, perkebunan negara 2.620 Ha, sedangkan perkebunan swasta 16.608,19 Ha dan perkebunan rakyat 12.076 Ha, sebut Bupati

Namun perlu saya ingatkan kembali kepada seluruh pejabat Pemkab Batu Bara dan masyarakat Batu Bara agar melaksanakan protokol kesehatan, dengan harapan dengan program bantuan PSR bisa di rasakan masyarakat Batu Bara.

Dalam kesempatan ini Sekda Provsu Dr. Sabrina menyampaikan salam dari Bapak Gubernur Sumatera Utara, ini program mari kita sukseskan, walaupun belum mencapai target. Pada hal program ini sangat membantu masyarakat, dan kita harus bekerja sama agar tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dalam hal perekonomian.

Adapun bantuannya : Ribuan Bibit Sawit, Bibit Sorghum, bibit jagung dan pakan ternak.

Salah satu warga petani sawit Rudi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Batu Bara, Deputi II Kemenkeu, PT. Paya Pinang yang membantu kami selama ini yang sebagai mitra kami. Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Zahir, yang sangat memperhatikan dan memperdulikan kami walaupun kami di desa pelosok,

Kami berjanji akan memenangkan Pak Zahir di periode Selanjutnya. Kami juga bermitra dengan STIPAP sebagai pendamping kelompok tani dalam penanaman sawit. Harapan kami tetap adanya bantuan pemerintah Kabupaten dan pemerintah provinsi, sebut warga.

 

Berita Terkait
Komentar