Dukung Kesejahteraan Nelayan, Bupati Zahir Ingin Kewenangan Kelautan Dikembalikan ke Pemerintah Kabupaten/Kota

BATU BARA - Guna mendukung kesejahteraan nelayan, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., ingin kewenangan kelautan yang selama ini di bawah pemerintah provinsi bisa dikembalikan kepada pemerintah kabupaten/kota masing-masing. 

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Zahir saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batu Bara yang digelar di Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kamis (22/06/2023).

Kehadiran Bupati Zahir dan rombongan di lokasi acara disambut dengan atraksi pencak silat dan pemakaian jas HNSI. Ketua DPC HNSI Batu Bara Safri Habni juga memakaikan tenun songket dan tengkuluk kehormatan kepada Ketua DPD HNSI Provinsi Sumatera Utara dan yang mewakili unsur Forkopimda Batu Bara.

Pengurus DPC HNSI Kabupaten Batu Bara masa bakti 2022 -2027 dilantik secara langsung oleh Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri Siagian bersama Bupati Zahir yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka HNSI kepada Ketua DPC HNSI Kabupaten Batu Bara Syafri Habni.

Pelantikan Pengurus DPC HNSI Kabupaten Batu Bara ini mengangkat tema "Nelayan Sejahtera, Negara Kuat" dan dengan slogan "Bangga menjadi Nelayan".

Bupati Zahir dalam bimbingannya mengucapkan selamat kepada Ketua dan pengurus DPC HNSI Kabupaten Batu Bara terlantik.

"Tugas DPC HNSI sangatlah berat karena untuk membantu dalam mensejahterakan para nelayan khususnya Kabupaten Batu Bara," ungkap Bupati Zahir.

Selanjutnya Bupati Zahir juga mengatakan bahwa kehidupan nelayan terbagi menjadi dua teritorial, pertama lokasi tangkapnya di provinsi, kedua nelayannya berada di kabupaten sehingga yang di kabupaten tidak dapat berbuat apa-apa tentang produksi tangkap ikan, karena itu mempengaruhi kesejahteraan nelayan.

"Nelayan bisa sejahtera kalau yang pertama kelautan dikembalikan di kabupaten/kota, ke dua zona tangkap, ketiga minyak yang tersedia secara jelas tidak ada permainan," lanjut Bupati Zahir.

Sementara itu Ketua DPC HNSI Kabupaten Batu Bara Safri Habni menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Zahir yang telah memberikan arahan dan bimbingan dan juga sudah sangat mendukung untuk mensejahterakan para nelayan di Batu Bara. 

 

Berita Terkait
Komentar