Hari Jadi Ke-14 Tahun, Pemkab Batu Bara Banyak Meraih Prestasi

Batu Bara,
Sidang Paripurna Istimewa Hari ulang tahun ke 14, Kabupaten Batubara dihadiri Bupati Batu Bara Ir Zahir dan Wakil Bupati Oky Igbal Prima, sidang paripurna yang dibuka Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara Safi’i,di Ruang Sidang Paripurna DPRD, Selasa (08/12/2020)

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Batubara Safii, dihadiri Bupati Zahir, wakil Bupati Oky Iqbal, Kapolres AKBP Ikhwan Lubis, Kajari Mulyadi Sajaen, Sekda Sakti Alam Siregar, Ketua Kadin OK Faizal, pimpinan OPD dan undangan lainnya.

“Sebelumnya Asisten 1 Rusian Heri membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Batu Bara mekar dari Kabupaten Asahan,

Sidang Istimewa Paripurna DPRD Hari Jadi Kabupaten Batu Bara Bupati Zahir mengatakan, pada tahun 2020, Pemkab Batu Bara mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terhadap audit hasil laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019. Atas pencapaian tersebut, Pemerintah Kabupaten Batu Bara kembali mendapat dana insentif daerah (DID) dari pusat sebesar Rp 10.193.400.000.

Menurutnya, pada tahun 2020, Kabupaten Batu Bara menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Utara yang mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat dan Provinsi Sumatera Utara untuk mengelola anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Merupakan upaya Pemkab Batu Bara untuk manjaga dan memelihara kegiatan ekonomi nasional serta daerah, sebagai salah satu kabupaten yang menjadi lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menjadikan Kabupaten Batubara sebagai kawasan strategis Provinsi Sumatra Utara, sebutnya

Kabupaten Batu Bara ditahun ke 14, merupakan tahun prestasi hasil kerja keras dan didukung oleh pihak legislatif, dalam mewujudkan good governance didalam Pemerintahan Kabupaten Batu Bara,” ujar Zahir.

Zahir mengungkapkan, pada tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah mengalokasikan dana cadangan sebesar Rp 52 miliar dalam RAPBD tahun anggaran 2021, untuk rencana pembangunan Kantor Bupati Batu Bara dan menjadikan Lima Puluh sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota kabupaten sesuai dengan Perda,

“Dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus covid-19, sepanjang tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah beberapa kali melakukan refocussing anggaran. Anggaran itu dialihkan kepada program penganggulangan dan pencegahan pandemi covid-19 serta bantuan kepada masyarakat yang terdampak akibat wabah tersebut.jelasnya

“Selain itu Bupati jelaskan, sangat pentingnya bila kita perhatikan pada guru honor,maka dari itu akan kita kasi uang lauk pauk kepada guru honor dari anggaran APBD Kabupaten, ini sesuai janji kampanye, ini semua berkat hubungan baik dengan lembaga legislatif,

Perlu saya ingatkan kembali mari sama-sama kita terapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus covid-19. Semoga pandemi ini segera berlalu, dengan semangat kerjasama dan dilandasi jiwa kegotong royongan, semboyan Batu Bara. “Bisa akan dapat kita wujudkan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Batu Bara, Syafii mengajak seluruh komponen penyelenggaraan pemerintah dan masyarakat, menjadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Batu Bara sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Batu Bara.

“Dengan kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh masyarakat, insyaAllah berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun Kabupaten Batu Bara dapat kita atasi bersama,” katanya.

 

Berita Terkait
Komentar